Selamat Datang di Situs Wajit Subang. Ayo Bersilaturahmi Dekatkan Rezeki!

Senin, 01 Juli 2013

Commuter Line Update: Kartu Commet Multitrip Efektif Berlaku 1 Juli 2013



Ada kabar gembira bagi anda pengguna kereta Commuter Line (CL) hari ini. PT. KAI Commuter Jabodetabek mulai memberlakukan penggunaan kartu multitrip untuk pengguna Commuter Line. Seperti diketahui uji coba Commuter Electronic Ticketing (Commet) sudah berjalan sejak tanggal 1 Juni 2013 melalui penggunaan kartu Commet untuk rute single trip (sekali jalan).

Berbeda dengan penggunaan kartu Commet untuk perjalanan sekali jalan, kartu Commet multitrip memiliki beberapa keunggulan, diantaranya sbb.:

Pertama, Bebas antrian di loket pembelian tiket. Bagi anda komunitas komuter yang secara rutin dan bergantung kepada penggunaan kereta CL, anda bisa membeli kartu perdana atau mengisi ulang di loket dengan memilih waktu-waktu tertentu disaat trafik loket rendah. Artinya akan banyak menghemat waktu, dan tanpa perlu takut tertinggal kereta akibat antrian loket yang berkepanjangan.

Kedua, Lebih fleksibel dalam menentukan rute perjalanan. Anda tidak perlu menyebutkan tujuan atau rute akhir pada tiap kesempatan melakukan perjalanan kepada petugas loket. Cukup tap kartu di gate in stasiun awal dan jangan lupa tap di gate out stasiun tujuan anda. Dengan kata lain, anda tidak perlu bingung ketika anda belum menentukan stasiun tujuan anda pada saat sudah berada di atas kereta, melainkan anda bisa putuskan keluar atau turun di stasiun manapun, kapan dan sesuka hati, terkecuali stasiun awal.

Ketiga, Tidak perlu menyiapkan uang tunai setiap anda melakukan perjalanan. Sebagai kartu prabayar yang berfungsi sebagai tiket, uang anda telah "disimpan" menjadi saldo di kartu Commet, dan siap "dipotong" sebagai kompensasi penggunaan jasa kereta ketika tap out di stasiun tujuan. Berarti anda tidak perlu menyiapkan uang tunai dan mengambil uang kembalian disetiap melakukan perjalanan. Lebih sederhana dan lebih cepat bukan?

Keempat, Gaya hidup modern. Sebagai komunitas perkotaan dengan kepedulian akan isue-isue kekinian seperti kemacetan atau go green, maka dengan memiliki Commet multitrip sudah cukup mewakili ciri-ciri pribadi yang simpel, efisien, efektif dan bernilai lebih untuk sebuah gaya hidup bertransportasi. Lebih jauh lagi anda telah berpartisipasi untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi sebagai solusi menekan kemacetan dan polusi udara perkotaan. 

Sebagai perbandingan di negeri tetangga seperti Singapura, kartu prabayar sejenis untuk perjalanan transportasi multitrip diantaranya adalah Ez-Link. Ez-Link dipakai sebagai tiket untuk transportasi terpadu di Singapura yang meliputi MRT, LRT dan bus. Kartu perdana Ez-Link dengan mudah diperoleh diberbagai gerai diluar stasiun kereta. Penggunanya dapat mengisi ulang secara mandiri melalui General Ticketing Machine (GTM) yang tersedia diberbagai stasiun MRT dengan memasukan nilai dan uang tunai melalui mesin. Selain untuk isi ulang Ez-Link, GTM juga berfungsi sebagai channel penjualan tiket untuk single trip secara mandiri dengan menekan stasiun tujuan di layar sentuh dan jumlah tiket yang dipesan. Mesin secara otomatis merespon uang tunai yang anda masukan ke mesin dan menghitung uang kembalian, lalu mengeluarkan kartu yang dipesan dan uang kembalian anda melalui sebuah dispenser. Berbeda dengan kartu Commet single trip, harga tiket sekali jalan yang dibeli dari GTM sudah termasuk beban deposit kartu sebesar 1 SGD per kartu yang dipesan. Sementara itu di gate out stasiun tujuan kartu tidak dikembalikan melalui slot di gate out, melainkan cukup di-tap kemudian gate terbuka. Pengembalian kartu dan deposit kartu sekali jalan, bisa dilakukan melalui slot mesin GTM dan uang deposit diambil melalui dispenser.  

Saat ini distribusi channel untuk kartu Commet baik untuk single trip atau pun multitrip, dilayani oleh loket-loket penjualan di seluruh stasiun kereta di Jabodetabek, demikian halnya untuk layanan isi ulang. Moga-moga saja ke depan distribusinya bisa lebih mudah dan meluas, termasuk bisa dibeli dan diisi ulang melalui mesin secara swalayan. So... tunggu apa lagi, ingin gaya dan peduli... baiknya anda segera mencobanya...!

Spesifikasi kartu Commet multitrip:
  • Kartu Commet multirip merupakan kartu Commet yang tergolong prabayar.
  • Kartu perdana dapat dibeli seharga Rp.50.000,-, terdiri dari harga kartu perdana seharga Rp.20.000,- dan saldo senilai Rp.30.000,-.
  • Kartu perdana dapat dibeli dan diisi ulang di seluruh loket stasiun KA di wilayah Jabodetabek, dengan nilai maksimum isi ulang sebesar Rp.1.000.000,-.
  • Saldo Rp.7.000,- merupakan saldo minimum bagi penggunanya untuk melakukan perjalanan.
  • Kartu Commet dapat digunakan dan dipindahtangankan kepada orang lain.
  • Tidak ada masa kadaluwarsa saldo atau kartu.
  • Biaya penerbitan kartu baru karena rusak atau patah atau hilang sebesar Rp.20.000,-.
  • Kehilangan kartu menjadi tanggungjawab pemilik kartu, dan saldo tidak dapat dipindahkan. Sedangkan pemindahan saldo karena kartu rusak atau patah masih dimungkinkan dengan tenggang waktu pengkreditan tertentu.
  • Perhitungan tarif bersubsidi adalah lima stasiun pertama sebesar Rp.2.000,- dan setiap tiga stasiun selanjutnya Rp.500,- dengan tarif tiket terjauh sebesar Rp.7.000,-.
Tips penggunaan kartu Commet multitrip:
  • Jangan lupa untuk selalu tap in di stasiun awal dan tap out di stasiun tujuan, sehingga anda terhindar dari denda dengan tarif terjauh dan kartu anda tetap bisa dipergunakan.
  • Jika anda tap in di stasiun awal dan tap out di stasiun yang sama, anda dikenakan tarif terjauh.
  • Selalu menyimpan ditempat yang aman, hindari tertekuk, patah atau hilang, karena itu adalah berisi uang anda untuk membayar sebuah kenyamanan.
Sumber: Brosur PT. KAI Commuter Jabodetabek

Tidak ada komentar: